CARA TERNAK BELUT DALAM DRUM PDF

Lele cara beternak belut dalam drum cara beternak belut download cara beternak belut drum cara beternak belut dalam bak cara beternak belut pdf cara.

Author: Kazizragore Moogujas
Country: Oman
Language: English (Spanish)
Genre: Travel
Published (Last): 28 March 2007
Pages: 225
PDF File Size: 1.31 Mb
ePub File Size: 13.19 Mb
ISBN: 208-6-29725-897-8
Downloads: 43492
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Shalar

Hal yang harus diketahui dan perlengkapan yang harus disiapkan antara lain: Saat masih anakan belut tidak akan saling mengganggu. Bagi anda yang ingin mencoba ternak atau budidaya belut, janganlah takut karena tidak mempunyai lahan yang luas seperti sawah. Ember, serok, cangkul, baskom, jerigen dll.

Cara Sukses Ternak Belut

Selain sebagai pengatur pembuangan sisa kotoran percikan air ini juga berfungsi sebagai penambah oksigen. Pakan yang sebaiknya diberikan yaiyu cacing, kecebong, ikan ikan kecildan cacahan keong mas atau bekicot. Jenis pakan yang baik bagi belut adalah cacing sutra, bekicot, ikan kecil, atau keong emas. Untuk mengatasinya, pH air perlu rutin diukur. Media Tanah Tanah yang digunakan sebaiknya tanah yang tidak berpasir, tidak terlalu liat serta masih memiliki kandungan hara, disarankan untuk menggunakan media tanah dari sawah, atau dapat pula menggunakan media tanah bekas pemeliharaan ikan lele.

Belut mempunyai kelamin ganda pada kehidupannya, belut menjalani pergantian kelamin dari betina ke jantan dalam siklus kehidupannya. Analisis Usaha Biaya investasi – Tong atau drum 20 buah Rp Media teratas adalah lumpur kering setinggi 25 cm yang sudah dicampur pupuk TSP sebanyak 5 kg.

  EATON 5PX1500RT PDF

Beternak belut sebenarnya tidak begitu susah karena belut dapat dibudidayakan baik itu dalam kolam ataupun Cara drum.

Budidaya Belut Dalam Drum

Sifat kanibal muncul saat belut berumur 10 bulan, ujarnya. Cara Ternak atau Budidaya Belut. Jangan kaget bila awal-awal hari ada yang mati.

Lapisan kedua tanah atau lumpur setinggi 5 cm. Pay Back Period Pay back period adalah waktu titik batik modal atau titik impas, yaitu perbandingan antara total investasi dengan keuntungan yang diperoleh. Saya ambil contoh drum yang terbuat dari plastik. Hal ini karena juga dipengaruhi oleh mudahnya untuk membudidayakannya, karena pada dasarnya ikan ini kuat bertahan hidup walaupun kolam tidak menggunakan sirkulasi udara, sehingga lebih mudah dan lebih hemat.

Ini dikarenakan modal yang dibutuhkan dalam budidaya ini relatif murah. Media yang sudah terfermentasi akan menyediakan sumber pakan tambahan untuk ternak belut nantinya secara alami seperti jentik nyamuk, zooplankton, cacing, dan jasad-jasad renik.

Satu hal penting yang Anda harus ketahui adalah sifat kanibalisme belut. Tapi, untuk saat ini kita tidak perlu lagi susah payah mencarinya ke sawah, karena sekarang banyak orang yang membudidayakannya sebagai ladang bisnis, dan anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar.

Karena belut tetap memerlukan air maka dalam beternak belut dalam kolam dan drum ini sebagai habitat hidupnya, kolam diberi air sampai ketinggian 15 cm dari media teratas.

Peternak di daerah panas bersuhu oC, seperti Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi, perlu hujan buatan untuk mendapatkan suhu yang ideal.

  HTFS MANUAL PDF

Drum seperti ini pada umumnya bisa menampung hingga liter dan cukup bisa diandalkan ketangguhannya helut menahan air dan tentu saja lebih baik dari pada terpal. Belut yang hidup dalam kondisi itu akan cepat mati.

Penjelasan Sistem Kolam Renang penjelasan sistem pemipaan instalasi kolam renang. Penempatan media tersebut di atas dilakukan dengan perbandingan: Mungkin anda bisa mendapatkannya langsung di alam bebas seperti sawah, ini jauh lebih baik.

Tips Sukses Budidaya Belut Dalam Drum Plastik Bagi Pemula

Remember me Forgot password? Untuk ukuran bibit belut sendiri, kita bisa lihat dengan ukiuran belut dengan size kecil dan panjang antara 1 sampai 2 cm. Benih belut yang dipilih harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: Dalam pemberian pakan untuk belut ini, anda bisa memberinya pada hari ke tiga setelah di tebar dengan memberikan pakannya seperti kecebong, cacing, dan ikan kecil.

Di atas jerami disiramkan 1 liter mikroorganisma stater. Untuk media pembesaran hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut: Penggunaan kg bahan deum menghasilkan 90 kg media instan bokashi. Karena jika tidak, belut ternka Anda ternak tidak akan dapat berkembang dengan baik.